Pengetahuan dasar tentang web hosting


By on 2:41 PM

Web hosting
Saat ini, anda mengakses halaman website ini melalui jaringan Internet dan dilakukan melalui protokol HTTP. Protokol HTTP merupakan standar untuk halaman situs web. Situs web adalah kumpulan informasi dan fasilitas berupa text, gambar dan suara yang diletakkan dalam sebuah server web.
Biasanya website diletakkan dalam sebuah shared server, yang disediakan oleh jasa atau layanan web hosting. Memanfaatkan fasilitas web hosting, anda dapat menempatkan file-file yang diupload dan download melalui program FTP (FTP Client), juga menyediakan informasi berupa halaman-halaman web, dan melakukan komunikasi dengan email.
<a href='http://toolbarku.blogspot.com/'>Toolbarku</a>
Sebenarnya terdapat banyak jenis akses (layanan) di internet, yang paling populer adalah World Wide Web (HTTP atau akses situs web) dan E-Mail.

Bila anda mengambil paket web hosting, berarti harus mempelajari dasar pengelolaannya, dan apa-apa saja yang perlu diketahui? Berikut merupakan hal-hal penting yang perlu dipelajari agar lancar dalam mengelola account web hosting anda.

Komunikasi

Cara melakukan akses email, membuat account email di account web hosting dan juga di program pengelolaan email (email client, misalnya Outlook Express), dan juga cara melakukan akses email (akses ke mailbox) melalui web browser (contoh: internet explorer, firefox, dll).
<a href='http://toolbarku.blogspot.com/'>Toolbarku</a>
Data

Upload dan download berbagai data. Pengetahuan ini diperlukan, terutama tentang cara mengoperasikan program FTP untuk meng-upload file, dan juga download file/data. Selain menggunakan program FTP, akses FTP juga dapat dilakukan melalui web browser.
<a href='http://toolbarku.blogspot.com/'>Toolbarku</a>
Maintenance

Menggunakan cPanel (sebuah aplikasi pengelolaan fitur web hosting) untuk mengakses berbagai fitur yang tersebut dalam account web hosting, misalnya membuat account email, account FTP, mengelola file-file, backup data, mengelola database, mengintall aplikasi/scripts, mengelola domain tambahan atau sub-domain, memeriksa kapasitas terpakai dan tersisa, dan lain-lain.

Sudah tentu hal-hal di atas juga memerlukan pengetahuan operasi PC dan akses ke internet.

Info Dexer
Judul: Pengetahuan dasar tentang web hosting
Review oleh: Dexer Blog | Template Dexer Blog 1.0
Update pada: 2:41 PM | Rating: 4.5

Comment for "Pengetahuan dasar tentang web hosting"

0 Comments

Post a Comment

.::DOFOLLOW BLOG::.
Jika berkomentar SPAM maka akan segera dihapus,,
Jadi berkomentarlah yang sopan dan baik supaya mendapatkan Backlink dari blog ini
~Terima Kasih~